Camat Rupat Utara Agus Sofyan Tinjau Lokasi Karlahut di Hutan Samak

 


Titi Akar - Sebagai bentuk dukungan kepada petugas yang memadamkan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), Camat Rupat Utara Agus Sofyan di dampingi Kasi Sosbud Gauk Rizal beserta Anggota, meninjau langsung lokasi kebakaran di kawasan Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar. Sabtu (18/1/2020).


Sejak 5 hari lalu, petugas gabungan dari Polsek Rupat Utara, Polsek Rupat, TNI, Satpol PP, BPBD, Manggala Agni Dumai, Dan dibantu masyarakat peduli api (MPA) bekerja keras memadamkan kebakaran Hutan yang sampai saat ini belum di ketahui pemiliknya. Walaupun di hari ke-5 ini titik api sudah sedikit, dimana di hari sebelumnya titik api berjumlah 13 titik sekrang sudah menjadi 3 titik api. "walau saat ini titik api sudah mulai mengecil, tetapi kita akan tetap waspada dan tetap berjaga sampai titik api sudah benar-benar hilang". Jelas Camat.

Beliau juga menyampaikan " Dikarnakan tanah ini belum ada yang berani mengaku sebagai pemiliknya, kita akan buat kan kanal sekitar 1 Ha agar nanti jika terjadi kebakaran di sini lagi, akan lebih mudah mendapatkan air untuk memadamkan kebakaran. Kalau pun ada yang mengaku di kemudian hari nanti, kita akan selidiki pemiliknya untuk mengetahui siapa pelaku pembakaran hutan disini ". Hal ini di lakukan karna titik api yang ada di Rupat Utara ini sering terdapat di sekitar sini setiap tahunnya. Karna itu Camat Rupat Utara sangat menekankan kepada semua pihak agar bisa bekerja sama mencari pelaku pembakaran ini.

Disela-sela istrahat bersama petugas gabungan pemadam kebakaran beliau menambahkan " Walau pekerjaan ini sangat melelahkan, tetapi kita bekerja harus tetap tersenyum agar nanti tak stress". Gelak Beliau.

Perlu di ketahui lokasi kebakaran ini berada sangat jauh dari pemukiman warga, di hitung dari jarak antara Kantor Kepala Desa Titi Akar saja jarak nya 13 KM. Dengan menggunakan sepeda motor Camat Rupat Utara beserta anggota menelusuri jalan yang belum sepenuh nya rata dengan aspal. Sesampai di Basecamp pertama semua motor di parkir disana, kemudian Camat beserta anggota harus masuk lebih dalam lagi dengan berjalan kaki dengan medan yang tidak rata sekitar lebih kurang 2 KM kelokasi api yang masih menyala. 

Di lokasi, Camat Rupat Utara Agus Sofyan langsung turun menemui petugas yang tengah bekerja keras memadamkan api. Camat masuk ke areal hutan untuk menyaksikan langsung proses pemadaman kebakaran yang berada di kedalaman gambut dengan asap yang tebal.

Tulis Komentar