Akibat Anggaran Terbatas, Kebutuhan Infrastruktur Utama di Pulau Rupat Belum Semuanya Terpenuhi

TANJUNGMEDANG – Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010–2025, pulau Rupat ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Namun, hingga kini nyaris tidak ada sentuhan Anggaran Pendapat dan Belanja Nasional (APBN) untuk menggambarkan bahwa KSPN tersebut memang benar adanya.

Walau begitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dalam beberapa tahun ini, secara mandiri telah membangun akses jalan ratusan milyar menuju lokasi wisata yang ada di pulau Rupat.

Mulai dari Tanjung Kapal di Kecamatan Rupat hingga Tanjung Medang di Kecamatan Rupat Utara.

“Pelaksanaan pembangunan jalan telah dilaksanakan beberapa tahap. Tapi, dengan keterbatasan sumber pembiayaan, pembangunan yang kami laksanakan belum memenuhi keseluruhan kebutuhan infrastruktur utama pulau Rupat”, jelas Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Di hadapan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, hal itu dikemukakan Bupati Amril Mukminin saat Puncak Festival Mandi Safar 1441 H/2019 di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Rabu, 23 Oktober 2019.

Festival Mandi Safar merupakan agenda tahunan pariwisata budaya yang dilaksanakan Pemkab Bengkalis melalui Dinas Periwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga.

Selain sebagai salah satu upaya untuk melestarikan khazanah karya budaya tempatan, festival tersebut juga ditaja untuk menarik wisatawan berkunjung ke objek-objek wisata di pulau Rupat.

Sebelum itu, Bupati Amril Mukminin menjelaskan, dalam kebijakan pembangunan Kabupaten Bengkalis 2016-2021, pusat kegiatan pembangunan di daerah ini secara spasial (keruangan) dibagi menjadi 4 (empat).

Salah satunya, imbuhnya melalui gerbang pesisir yang meliputi Kecamatan Rupat dan Rupat Utara dengan fokus menjadikan pulau Rupat sebagai pusat pariwisata unggulan daerah, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan.

“Kami juga memiliki tujuh prioritas pembangunan diantaranya adalah perluasan akses infrastruktur untuk mendukung pusat-pusat pertumbuhan baru dan pusat pariwisata unggulan di Kabupaten Bengkalis”, jelas Bupati Amril.

Selain Gubri H Syamsuar dan istri Hj Misnarni dan Penjabat Sekda Provinsi Riau H Ahmad Syah Harrofie, hadir juga dalam festival tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, serta anggota DPRD Bengkalis Al Azmi dan H Abi Bahrun.

Pada kesempatan itu, dengan disaksikan Gubri H Syamsuar, Bupati Amril Mukminin menerima cendramata dari penggangas mandi safar Azhar Nais.

 

 

Bungaslot
Bungaslot
Bungaslot
Bungaslot
Bungaslot
Bungaslot

Tulis Komentar