Festival Pantai Pesona Rupat Utara Resmi Digelar

RUPAT UTARA - Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY secara resmi membuka kegiatan festival Pantai Rupat Utara, Sabtu 13 Oktober 2018, bertempat di Pantai Pesona Teluk Rhu Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis.

Dimana acara tersebut berlansung meriah, aman dan lancar, Ikut serta dalam memeriahkan acara pesta pantai tersebut yaitu, tari persembahan dari sanggar tari Pekanbaru, pertunjukan sanggar tari B.I Production Pekanbaru, pertunjukan barongsai Titi Akar, pertunjukan sanggar petak semai, pertunjukan reog dari Putri Sembilan, pertunjukan sanggar tari dari SMA Negeri I Rupat Utara serta berbagai  perlombaan dan penampilan pentas seni lainnya.

Teks foto: Camat Rupat Utara, Agus Sofyan, foto bersama


Sebelum acara festival pantai dibuka, terlebih dahulu dilakukan pelantikan Genpi Kabupaten Bengkalis oleh Pembina Genpi Provinsi Riau Fahmizal.

"Melalui kegiatan ini kami berharap kiranya akan tercipta kemajuan dalam upaya memajukan kepariwisataan daerah untuk jangka panjang dalam mewujudkan kabupaten bengkalis sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan nusantara maupun manca negara" hal tersebut sebagaimana disampaikan Bupati Bengkalis dalam sambutannya yang dibaca Sekda Bengkalis Bustami HY.

Untuk itu Ia mengajak kepada seluruh masyarakat kecamatan rupat utara khususnya, untuk dapat mengikuti dan melaksanakan kegiatan pesta pantai ini sehingga benar-benar dapat menjadikannya sebagai sarana filterisasi yang mampu menyaring dari berbagai dampak negatif akibat kemajuan arus era globalisasi. Terutama hal-hal yang tidak sesuai dengan adat dan  budaya tempatan.

"Kami memandang bahwa kegiatan pesta pantai ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai nilai tambah untuk pengembangan dan pelestarian budaya pariwisata di masa yang akan datang, sehingga pada akhirnya wisatawan tertarik untuk datang ke pantai rupat utara yang indah ini," kata Amril.

Tambah orang nomor satu Bengkalis, perlu diingat bahwa untuk mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Bengkalis saat ini, diperlukan kerjasama berbagai pihak karena pengembangan pariwisata bersifat multifaktorial, baik dari pihak pemerintah, pelaku usaha jasa, maupun masyarakat. kelompok sadar wisata, pengelola destinasi wisata, pelaku usaha/ seni kerajinan, dan pengelola atraksi seni budaya harus dilibatkan. oleh karena itu, harus ada peran serta masyarakat dalam mengelola sekaligus mempromosikan objek wisata di rupat utara ini.

Masih kata Bupati Amril, pemberdayaan masyarakat di destinasi pariwisata dapat dilihat sebagai sarana untuk mendorong masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam membangun destinasi pariwisata yang berdaya saing. dengan demikian, manfaat pariwisata akan langsung dirasakan oleh masyarakat, terutama yang terjun langsung dalam kegiatan pariwisata, yang tak kalah pentingnya lagi harus memiliki modal dan kemauan, masyarakat harus berperan aktif dan penuh kesadaran dalam melihat potensi yang ada untuk dikembangkan sebagai usaha dalam rangka mendukung destinasi wisata yang ada di kecamatan rupat utara.

"Kedepan kami berharap, agar dapat ditingkatkan dari segi kualitas maupun kuantitas pesertanya. perlu juga dipikirkan keterlibatan masyarakat umum yang ada di kabupaten bengkalis. ini semua sebagai manifestasi rasa kebersamaan dalam membangun kabupaten bengkalis oleh semua profesimelalui potensi masyarakat yang ada. Kemudian kepada seluruh peserta yang ikut memeriahkan kegiatan ini kami ucapkan selamat berlomba, selamat berkompetisi, yang terpenting jaga keselamatan, keamanan dan ketertiban bersama," ucap Amril.

Pelepasaan perlombaan tersebut ditandai dengan membunyikan petasan oleh Sekda Bengkalis didampingi, Kapolres Bengkalis, Kadis Pariwisata Bengkalis dan Provinsi Riau.

Selain Sekretaris Daerah H Bustami HY, juga tampak hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal, Camat Rupat Utara Agus Syopian, Kapolres Bengkalis, Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Forkopimda Bengkalis, Para Camat serta sejumlah Kepala Satuan Organisasi perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Tulis Komentar